Kamis, 10 November 2016

Pengertian Tawakal,Contoh Beserta Manfaatnya

    




Pengertian tawakal adalah menyerahkan segala urusan dan hasil ikhtiarnya hanya kepada Allah swt.
Setelah berikhtiar dan berdoa maka tahap selanjutnya adalah tawakal. Apabila kita telah berkerja keras (ikhtiar) dan kemudian berdoa, maka yang kita lakukan selanjutnya adalah bertawakal kepada Allah swt untuk mendapatkan hasil dari jerih payah yang kita lakukan.  

Contoh  Dari Sifat Tawakal:
    Pada suatu hari datang seorang sahabat ke kediaman rasulullah dengan mengendarai unta. Sesampainya di depan rumah beliau, (ada peristiwa ganjil menurut pandangan rasulullah) sehingga beliau berkata; “Kenapa unta kalian tidak ditambatkan?” Ia menjawab; “Tidak ya rasulullah, karena saya telah bertawakal.” Kemudian rasulullah berkata; “Tambatkan dulu unta kalian, baru bertawakal!”.

     Peristiwa ini menyimpulkan pemahaman bahwa sikap tawakal baru boleh dilakukan setelah usaha yang sungguh-sungguh sudah dijalankan.

     Orang-orang yang memiliki sifat tawakal ini akan selalu bisa bersyukur jika mendapat keberhasilan atau kebahagiaan dalam hidupnya ataupun dalam usahanya. Ini dikarenakan dia sadar bahwa segala keberhasilannya adalah atas kehendak dan rahmat dari allah swt.

     Dan jika sedang mengalami kegagalan maka orang yang tawakal akan selalu ikhlas dalam menerima keadaan gagalnya tersebut tanpa berlarut-larut dalam kesedihan dan merasa putus asa. karena orang yang tawakal menyadari bahwa setiap keputusan dari allah merupakan keputusan yang terbaik.

     Manfaat Dari Sifat Tawakal:
  • Selalu merasa percaya diri
  • Memiliki rasa berani dalam menghadapi masalah apapun
  • Merasakan ketenangan dan ketentraman jiwa
  • Selalu bersyukur atas apa yang allah swt berikan
  • Selalu berbakti kepada allah swt
  • Memiliki sifat optimis dan tangguh
                                                                                                                 Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon